18/01/17

Penyebab Hipertensi Di Usia Muda

Penyebab Hipertensi Di Usia Muda - Anda harus tahu! Hipertensi yang identik dengan orang tua, juga mengintai Anda yang masih berusia muda atau masih dalam usia produktif, bahkan anak-anak dan remaja.

Ketahui penyebab terjadinya hipertensi di usia muda, dan lakukan pencegahan sedini mungkin!

Penyebab Hipertensi Di Usia Muda


Hipertensi merupakan salah satu penyakit dengan penderita terbesar selain penyakit maag. Kebanyakan penderita hipertensi memang mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Tapi, faktanya, di jaman modern ini banyak penderita hipertensi yang masih berusia muda, bahkan remaja di bawah 18 tahun.

Sudah pasti ada faktor-faltor yang mempengaruhi terjadinya hipertensi pada usia muda, dan faktor-faktor penyebab hipertensi di usia muda ini wajib untuk Anda ketahui. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pencegahan. Bukankah, mencegah lebih baik dari mengobati?

Lalu, Apa Sajakah Faktor Penyebab Hipertensi Di Usia Muda?


Penyebab Hipertensi Di Usia Muda

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat risiko Anda untuk menderita hipertensi. Diantaranya adalah:

  • Gaya Hidup
Aktivitas yang padat sering kali membuat pola makan Anda menjadi tidak teratur, bahkan, Anda cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji untuk efektifitas waktu Anda.

Padahal, jika Anda tahu, di dalam makanan cepat saji ini terdapat kandungan garam dan MSG yang cukup tinggi. Makanan tinggi garam dan MSG yang dikonsumsi setiap hari dapat memicu hipertensi.

Pun demikian dengan kebiasaan Anda merokok dan mengkonsumsi alkohol (baik dari minuman atau yang terkandung dalam makanan) serta softdrink seperti soda, minuman berenergi, dan minuman karbonasi lainnya yang tinggi gula sukrosa.

  • Stres
Anda yang mudah merasa stres, baik karena pelajaran maupun pekerjaan, harus waspada dengan ancaman hipertensi. Tingkat kecemasan yang tinggi dapat mempengaruhi tekanan darah Anda walaupun hanya sementara.

  • Faktor Genetik / Keturunan
Jika salah satu anggota keluarga inti Anda (ayah, ibu, kakek, atau nenek) memiliki riwayat hipertensi, maka Anda juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita hipertensi dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki riwayat penyakit ini dalam keluarganya.

  • Malas Bergerak dan Obesitas
Malas gerak atau dalam bahasa kekinian disebut mager ini juga dapat meningkatkan risiko hipertensi di usia muda. Tidak percaya?

Orang yang malas untuk bergerak atau melakukan aktivitas fisik dan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan TV sambil ngemil atau duduk ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk mendapatkan berat badan berlebih atau obesitas.

Kebutuhan oksigen dan nutrisi pada penderita obesitas akan meningkat, sehingga volume darah yang dibutuhkan juga menjadi lebih banyak. Volume darah yang meningkat akan meningkatkan tekanan darah.

Tidak hanya tekanan darah Anda saja yang melonjak, tapi, organ jantung Anda akan bekerja lebih keras dari biasanya. Kondisi tersebut, lama-kelamaan dapat memicu penyakit jantung koroner, bahkan serangan jantung yang mematikan.

  • Pola Tidur Yang Tidak Teratur
Penyebab hipertensi di usia muda selanjutnya adalah pola tidur yang tidak teratur. Normalnya, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7 sampai 8 jam. Saat Anda kekurangan tidur / istirahat, tidak hanya tekanan darah Anda saja yang dapat terpengaruh, tapi, juga dapat mempengaruhi kesehatan hati Anda.

  • Kondisi Lain
Hipertensi pada usia muda juga dapat dipengaruhi oleh penyakit lain, seperti lupus, diabetes, gangguan hormon tiroid, penyakit ginjal, sampai dengan efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu, seperti analgesik atau obat pereda sakit, obat pilek, serta dekongestan.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja faktor-faktor yang dapat memicu atau penyebab hipertensi di usia muda, kan? Nah, sebisa mungkin, mulai dari sekarang Anda merubah semua kebiasaan buruk Anda.

Anda bisa memulainya dari yang mudah, mengganti softdrink dengan konsumsi air putih, atau melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau jogging di pagi hari selama 20-30 menit.

Perubahan itu dimulai dari dalam diri Anda sendiri, kalau bukan kita yang merubah kebiasaan tersebut, siapa lagi? Mari Hidup Sehat, Hindari Hipertensi!

Baca Juga : Pantangan Bagi Penderita Hipertensi

Penyebab Hipertensi Di Usia Muda

0 komentar:

Posting Komentar